Koneksi internet anda terputus. Tunggu dan coba lagi , atau Refresh Halaman.

Pemberontakan DII/TII di Jawa Tengah




Pemberontakan DII/TII di Jawa Tengah
Amir Fatah
Halo sobat pelajar, setelah sebelumnya kita membahas tentang Pemberontakan DII/TII di Jawa Barat, kali ini kita akan membahas tentang Pemberontakan DII/TII di Jawa Tengah. Ternyata pemberontakan-pemberontakan tersebut tidak hanya terjadi di Jawa Barat saja, melainkan juga Jawa Barat dan daerah lainnya.

Terjadinya pemberontakan DI/TII di Jawa Tengah setelah masa pengakuan kedaulatan. Pemberontakan terjadi di tempat yang terpisah, namun saling berhubungan. Oleh Kartosuwiryo, Amir Fatah diangkat menjadi komandan pertempuran di Jawa Tengah. Untuk mengatasi pemberontakan yang dilakukan oleh Amir Fatah, Divisi Diponegoro membentuk pasukan khusus yang bernama Banteng Raiders.

Di Kudus dan Magelang terjadi pemberontakan Batalion 426. Mereka menyatakan diri bergabung dengan DI/TII. Akibat dari pemberontakan tersebut, gerakan DII/TII di Jawa Tengah menjadi masalah yang serius. Untuk menumpas pemberontakan tersebut, Divisi Diponegoro melancarkan operasi militer yang bernama Operasi Merdeka Timur yang dipimpin oleh Letnan Kolonel Soeharto.

Sobat itulah materi tentang Pemberontakan DII/TII di Jawa Tengah. Sobat bisa juga membaca materi lainnya tentang pemberontakan-pemberontakan lainnya disini. Mungkin sekian dulu materi dari saya mohon maaf bila ada kekurangan, salam pelajar.

Previous
Next Post »